Senin, 25 Maret 2013

REVIEW - Argo

Semenjak debut pertamanya di dunia perfilman dan menggawangi sebuah film berjudul "Gone Baby Gone" yang mempunyai kualitas yang ciamik. Beberapa film dari Ben Affleck pun cukup membuat orang akan mencintainya seperti The Town. Kali ini, Ben Affleck kembali muncul tak hanya menjadi Sutradara melainkan juga berperan sebagai pemeran utama di film Argo. Bagaimana kualitas film ini?

Menceritakan tentang persengketaan antara negara Amerika Serikat dengan Iran. Saat panas-panasnya, warga Iran mencoba untuk menyerang kedutaan Amerika Serikat di Iran. Ada 6 orang pegawai kedutaan yang berhasil kabur dan menjadi buron di Iran. Tony Mendez (Ben Affleck) adalah anggota CIA yang bertugas untuk bisa membawa pulang 6 orang warga Negara Amerika Serikat dengan selamat. Akhirnya, Tony Mendez menggagaskan ide untuk memproduksi film Palsu untuk menjadi Alibi baginya agar bisa membebaskan keenam orang tersebut. Beberapa orang dikerahkan agar membuat produksi Film Palsu ini pun terkesan nyata.
http://www.aceshowbiz.com/images/still/argo-still07.jpg
Argo as Americans Sweetheart movie with best quality from Affleck
Karir Ben Affleck dalam dunia perfilman bukan hal baru lagi. Tak hanya membintangi beberapa film garapan Hollywood saja. Melainkan juga mengarahkan beberapa film. Karirnya di dunia balik layar pun mendapatkan sorotan khusus. Film-filmnya pun dipuji-puji para kritikus semenjak debutnya menyutradarai film bertajuk Gone Baby Gone. Film selanjutnya dengan judul The Town pun menghasilkan pujian yang tak kalah banyak dari kalangan Kritikus maupun para penontonnya. Dan kali ini Argo pun juga mendapat track record yang sama dan juga menghantarkan film ini menjadi Nominee and The Winner for Best Picture di Oscars 2013. Mengesampingkan film ini mendapatkan sebuah piala di ajang bergengsi. Hasil film ini pun sangat memuaskan bagi saya. Penggarapan yang memang sangat diperhatikan. Sebuah produksi film yang tak hanya mementingkan dari segi perolehan Box Office melainkan juga dari segi kualitas. Dibandingkan dengan semua film-film nominasi Oscar yang lainnya. Argo termasuk salah satu film nominasi Oscar yang mungkin akan gampang disukai oleh para penonton awam. Mungkin, adegan tembak-tembakan yang disajikan di film ini bisa dibilang tidak ada. Tetapi, cerita dengan konsep penyelidikan mungkin akan dengan gampang memikat hati para penonton awam. Cerita penyelidikan dan pembebasan di film ini pun tak hanya sekedarnya saja. Berbagai penceritaan padat tanpa celah yang terus disesalkan di setiap scene demi scene di film ini pun layak di beri dua jempol. Ben Affleck tahu benar mengarahkan filmnya. Penceritaan tentang perencanaan CIA untuk membebaskan keenam orang warga US pun diceritakan dengan gamblang. Tanpa terkesan dipercepat atau diperlambat. Penceritaannya sangat efektif sehingga penonton akan dengan mudah memahami apa yang terjadi di film ini. Film yang mungkin mempunyai potensi untuk membuat para penonton juga akan terbelah layaknya film nominasi Oscar lainnya dikarenakan betapa banyaknya unsur politik yang dikemas di film ini. Well, wacana itupun sepertinya tak berpengaruh bagi film ini. Ben Affleck pun tahu bagaimana mengemas film dengan unsur politik tentang persengketaan Amerika-Iran yang mungkin akan membingungkan bagi beberapa kalangan. Disulapnya menjadi sebuah tontonan seru dan juga berbobot. Naskah milik Chris Terrio ini pun difokuskan kepada bagaimana cerdiknya Kamuflase yang dilakukan oleh Tony Mendez untuk menyelamatkan keenam orang tersebut. Meski dengan beberapa unsur politik yang masuk di dalam film ini. Tetapi, hal tersebut mempunyai porsi yang pas sehingga tak berkesan bertele-tele
http://images.tweaktown.com/content/5/2/5272_3_argo_2012_blu_ray_movie_review_full.jpg 
Argo is not the Best Bad Idea that Hollywood ever had
10 Menit awal film yang menceritakan awal mula konflik Amerika-Iran pun tergambarkan dengan baik. Semuapun diceritakan dengan Narasi yang cerdas dan pembawaan yang mengasyikkan. Diselipi pula beberapa Footage asli dari kejadian jaman dahulu saat sengketa Amerika-Iran terjadi. Hal itu pun semakin menambah esensi film ini diawal. Film ini pun sebuah pakem yang sangat luar biasa. Cerita yang beberapa kali terkesan serius pun setidaknya diberi sebagian momennya untuk setidaknya melunturkan ketegangan-ketegangan yang terjadi di film ini. Humor-humornya yang cerdas disampaikan dengan baik. Sindiran-sindiran tajam yang mungkin ditujukan kepada Pemerintah US pun juga tersampaikan dengan baik dan juga cerdas. Jalinan cerita difilm ini pun dengan baik dibawa oleh Ben Affleck. Perlahan-lahan tensi ketegangan film ini pun semakin naik sedikit demi sedikit hingga akhirnya mencapai puncak klimaks yang sangat mendebarkan. Saya pun tak mau sedikitpun tertinggal beberapa detik saja. Mata saya selalu memandang layar lebar dengan sangat konsentrasi. Pun begitu dengan editing yang digarap di film Argo ini. Tak ada sedikitpun adegan di film ini yang tidak penting. Semuanya terangkum dan dikemas rapi sehingga semua ceritanya pun efektif. Beruntunglah editing film ini pun semakin mendukung apa yang mereka coba untuk diceritakan kepada penontonnya. Semua editing yang efektif itu pun semakin membuat penontonnya tercekat, tegang, dan ikut merasakan apa yang terjadi film ini. Ben Affleck sendiri sepertinya lebih menyukai menggawangi beberapa film Drama Crime-Thriller. Terlihat dari film Gone Baby Gone dan juga The Town. Argo menjadi sebuah pencapaian luar biasa bagi Ben Affleck yang notabene baru di dunia balik layar. Argo pun menjadi sebuah motion picture yang sangat memorable bagi saya dan tak salah jika nominasi Best Picture 2013 pun disematkan kepada film ini. Untuk para cast-nya Sepertinya memang beberapa pointnya berada di center characternya yaitu Tony Mendez yang diperankan oleh Ben Affleck. Screening Time Affleck pun lebih banyak ketimbang yang lainnya. Dia pun bermain total dan berhasil menjadi seorang anggota CIA yang mencoba tenang saat dalam posisi apapun. But, pemain pendukungnya John Goodman serta Alan Arkin yang berperan sebagai John Chambers serta Lester pun memikat saya. Akting "slengekan"nya pun memorable. Argo pun mempunyai sebuah penataan film yang mengesankan. Bagaimana tergambarkan jelas tata kota tahun 1980-an yang tergambarkan jelas di film ini. 
Overall, Argo is the best movie on 2012. Well, this movie will be compatible for common audience but it will be the most beautiful, thrilling, extremely entertaining, and mind-blowing movie which will impressed you at all. The Best Picture of 2012 goes to Argo its a great choice. Standing Ovation for you Affleck. This is your Best Movie that you ever made. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar