Selasa, 01 Januari 2013

2012's 10 Best Movies

Banyak sekali film bermunculan di tahun 2012. Ada yang memberikan kualitas buruk, sedang dalam arti bisa dinikmati sebagai hiburan, dan ada yang benar-benar bagus dan memorable. Di post kali ini saya akan memberikan list tentang 10 Film Terbaik di tahun 2012 menurut pandangan saya. Check this one out reader. 
Sebelum masuk ke 10 Besar, alangkah baiknya saya kasih Honorable Mentions dulu deh. Honorable Mentions disini sebenarnya bisa masuk film bagus tahun ini. Tetapi, masih banyak pesona film lain yang lebih mengesankan daripada film ini.

Honorable Mentions
Skyfall
Skyfall adalah seri terbaru dari Daniel Craig's James Bond. Film ini mampu mencuri perhatian saya. Cerita di film ini yang bagus, padat, dengan villain yang mencuri perhatian. Daniel Craig's James Bond adalah Kames Bond paling humanis yang pernah saya tahu.

The Hobbit : An Unexpected Journey
The Hobbit : An Unexpected Journey adalah seri pembuka dari Trilogi The Hobbit. Cerita The Hobbit memang lebih gampang dicerna daripada seri Lord Of The Rings. Pace cerita film The Hobbit yang juga lambat untuk mengenalkan tokoh-tokohnya mampu merebut hati saya meskipun rating disana-sini yang mulai jeblok. Tetapi saya masih suka.

Rise Of The Guardians
Film animasi garapan Dreamworks Studio ini mampu mencuri perhatian saya sejak trailer dimunculkan. Cerita yang mengumpulkan berbagai macam legenda dongeng dengan dibalut joke-joke segar serta adegan aksi yang eye-popping mampu membuat saya terkesima dengan indahnya animasi disini.

Here We Come.... The Top 10..

10. Brave
Pixar have their own rules. Pixar selalu bisa membuat sebuah animasi dengan cerita yang kuat dan penuh dengan nilai kehidupan yang disampaikan penuh dengan keemosionalan. Brave pun memiliki animasi yang sangat indah. Kehalusan animasi disini seperti Brave bukan sebuah film animasi. Yah, Indah Sekali.

09. The Hunger Games
Film diadaptasi dari novel favorit saya, The Hunger Games. Versi filmnya juga mampu mencuri perhatian saya. Meskipun agak sedikit kesal dengan banyaknya esensi cerita novel yang hilang di film ini. Tetapi, sebagai pecinta film, Film ini mampu memberikan sebuah cerita yang padat, tertata, penuh dengan romansa cinta remaja tanpa terkesan flamboyan layaknya Twilight Saga. Sweet

08. Habibie & Ainun
Jangan kaget. Film Indonesia satu ini benar-benar bisa membekas di otak dan hati saya. Tersentuh dengan semua cerita yang disajikan disini. Faozan Rizal dalam debutnya menjadi sutradara, mampu memberikan sebuah Film Biopik Indah penuh rasa nasionalisme yang tinggi serta bonus cerita romansa cinta dewasa yang indah. Habibie & Ainun adalah satu-satunya film Indonesia yang mampu mencuri perhatian saya. Meskipun The Raid dan Perahu Kertas 1 juga mencuri perhatian. Tetapi, Ini yang paling Best.

07. The Cabin In The Woods
Sebagai sebuah Tribute (Parodi) dari film horror. The Cabin In The Woods punya daya tarik tersendiri. Sehingga saya dapat menikmati sebuah sajian horror yang penuh intrik dan punya cerita alternatif sendiri. Tak ada yang bisa menebak alur cerita di film ini. Sekali anda menebak, maka Drew Goddard-Joss Whedon akan langsung membelokkan pemikiran anda. You Think You Know The Story? BIG NO

06. Premium Rush
Adegan kejar-kejaran penuh aksi dan asik hanya bisa dilakukan dengan mobil? No ! Premium Rush menggunakan formula yang fresh. Adegan aksi dengan Sepeda tanpa Gear dengan alur maju-mundur ini mampu membuat saya terpaku menatap layar saat menonton film ini. Didukung dengan akting Joseph-Gordon Levitt yang memukau di film ini.

05. The Avengers
Awalnya saya ragu, The Avengers apakah mampu menjadi film bagus? Yah! Mereka mampu. Beruntung The Avengers berada ditangan yang tepat. Joss Whedon sangat tahu bagaimana mengarahkan lima superhero yang menyesakki layar tanpa berat sebelah. Semua mendapatkan porsi sama rata. Tak ada yang di anaktiri-kan. Sebuah Film Superhero penuh aksi yang sukses.

04. Chronicle
Film bertemakan superhero dengan konsep found footage? Chronicle melakukannya dengan bagus. Konsep ini seperti kita main judi. Bisa jadi bagus atau bakal dicerca oleh banyak orang. Tetapi, Chronicle mampu memberikan nafas segar dalam genre found footage yang di dominasi oleh cerita horror. Superhero disini juga lebih menceritakan tentang latar belakang kehidupannya. Bukan melawan seorang musuh.

03. The Dark Knight Rises 
Seri penutup dari trilogi reboot Batman ini mampu memberikan cerita yang padat. Meski menurut saya kualitasnya sedikit menurun ketimbang The Dark Knight, Tetapi Nolan still did a great job. Dia mampu menceritakan Batman yang lebih humanis sebagai detektif ketimbang menjadi superhero yang penuh kekuatan. Dan Nolan's still did some Shocking Ending like usual.

02. Life Of Pi
Film dengan tema survival lainnya. Tetapi, film ini lebih indah ketimbang yang lain. Perjalanan penuh dengan kerelijiusan dan penuh dengan tentang keberadaan tuhan yang mampu membuat saya termenung. Film ini sangat bagus didukung dengan format 3D-nya yang gemilang. Diadaptasi dari novel berjudul sama, Ang Lee benar-benar mampu memberikan film kualitas Academy Awards lainnya.

01. Looper
I Love Sci-Fi movies. Dan ini adalah stock Sci-Fi movie yang mampu membuat saya berorgasme dengan Sci-Fi. Dengan cerita yang original, Rian Johnson mampu memberikan penyutradaraa serta naskah yang gemilang. Film ini harus penuh konsentrasi saat menontonnya. Sedikit berat tetapi Mind-blowing sekali. Dengan Shocking Ending yang benar-benar genius. Lalu scene time-traveler disini adalah bagian yang paling genius yang pernah ada. Joseph Gordon Levitt juga mampu memberikan performa yang sekali lagi membuat saya terpanah. Ini adalah Film Joseph Gordon Levitt ketiga yang masuk list film terbaik (Premium Rush, The Dark Knight Rises)

Ini adalah 10 Film Terbaik di tahun 2012 menurut saya. Mungkin ada beberapa Film yang berkualitas lainnya yang belum saya tonton. Bagaimana menurut anda? Apakah list film anda sudah masuk didalamnya? Atau ada yang berbeda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar