Selasa, 22 Oktober 2013

REVIEW - CAPTAIN PHILLIPS


Kisah pembajakan kapal di lautan Somalia di angkat ke layar lebar. Paul Greengrass menangani film adaptasi dari kisah nyata tersebut. Menceritakan Captain Phillips yang di perankan oleh Tom Hanks, aktor yang sudah beberapa kali masuk Academy Awards nominee


Phillips (Tom Hanks) adalah seorang kepala kapal Amerika yang sedang bertugas untuk mengirimkan pasokan makanan. Ketika sedang dalam perjalanannya, di tengah laut Somalia dia harus di hadang dan di serang oleh perompak dari Somalia. Muse (Barkhad Abdi) adalah kepala perompak yang sedang membajak kapal milik Phillips.

Phillips pun harus dengan sekuat tenaga memutar otak mereka agar dirinya dan awak kapal mereka selamat dan tidak menjadi tawanan dari sekumpulan perompak somalia tersebut. Berbagai cara di lakukan oleh Phillips sebelum bala bantuan datang kepadanya. 

A intense and breathtaking thriller
Paul Greengrass sudah banyak sekali mendapatkan banyak pujian dalam membuat sebuah film. Sebut saja Trilogi mata-mata paling keren yaitu The Bourne Trilogy yang sangat intense dan menarik tersebut. Kali ini, dia kembali dengan film terbarunya. Kali ini dia tak lagi bekerja sama dengan Matt Damon melainkan aktor lama yaitu Tom Hanks. Tom Hanks sendiri sudah berkali-kali riwa-riwi masuk ke dalam Nominasi Academy Awards serta dia pernah berhasil membawa piala oscar dalam kategori best Actor.

Captain Phillips adalah projek milik mereka berdua. Diangkat dari kisah nyata yang juga di adaptasi ke sebuah novel berjudul A Captain’s Duty : Somail Pirates, Navy Seals, and Dangerous Days at Sea yang di tulis sendiri oleh Sosok asli dari sang kepala kapal, Captain Richard Phillips. Bagi kebanyakan orang serta saya yang tak pernah sesekali mencari tahu, saya mengira Captain Phillips adalah sebuah drama biopic kaliber oscar. Well, ini adalah sebuah perjalanan seru dan mendebarkan di tengah kejadian perompakan oleh perompak somalia terhadap kapal milik Amerika.

Tapi bukan berarti Captain Phillips adalah film aksi dan thriller yang kacangan. Kalian salah, naskah yang di tulis oleh Billy Ray ini punya cerita yang di tulis olehnya dengan baik. Tak hanya itu, treatment selanjutnya dan cara Paul Greengrass menginterpretasikan naskah milik Billy Ray berhasil dengan baik di sajikan ke dalam filmnya. Sebuah sajian yang membuat saya sekali lagi menahan nafas saat menyaksikan sebuah film di dalam bioskop. Setelah Gravity, maka Captain Phillips masuk ke dalam top list saya kali ini. 


Sangat menyenangkan ketika mengikuti semua kejadian perompakan yang terjadi di dalam film ini. Karena Paul Greengrass mampu mempresentasikan semua kejadian itu dengan baik. Membawa kita masuk ke dalam film itu. Merasakan rasa mendebarkan yang juga terjadi saat Captain Phillips sedang menjadi korban perompakannya kala itu. Tak perlu basa-basi menceritakan siapa itu Captain Phillips dan lain sebagainya. Toh, luas sudut pandang film ini juga berkutat pada bagaimana Richard Phillips dan awak kapalnya selamat dari serangan perompak somalia.

Maka, cerita siapa itu Captain Phillips serta Para Perompak Somalia yang di ceritakan singkat tapi sangat efektif sehingga kita masih bisa memahami siapa mereka. Di awal durasi, film ini masih terlihat tenang-tenang saja. Tapi, ketika durasi sudah mulai bertambah rasa thrilling itu semakin bertambah. Durasi sekitar 135 menit ini terasa cukup singkat karena Greengrass mampu mempermainkan suasana film ini dengan baik. Ada kalanya, tensi ketegangan itu menurun sesuai dengan isi cerita di dalamnya. 


Permainan tensi yang dilakukan oleh Greengrass ini sangat efektif. Membuat kita akhirnya selalu terpaku di depan layar tanpa memperdulikan durasinya yang cukup panjang untuk film seperti ini. Kita pasti akan menunggu hal apa yang terjadi selanjutnya. Perasaan kita akan di permainkan oleh Greengrass. Rasa deg-degan, gregetan dan yang lainnya yang mampu membuat kita fokus ke depan layar perak tanpa sesekali menengok ke gadget yang kita bawa atau ke arah lainnya.

Film ini menggunakan kamera celluloid. Tapi dengan tingkat sensitivitas dengan cahaya yang cukup tinggi. Sehingga saat menyaksikan film ini, kita akan merasakan gambar tersebut terlihat grainy. Terlihat banyak bintik-bintik putih di gambarnya. Mungkin, bagi sebagian orang, gambar menggunakan kamera celluloid akan membuat mereka senang. Tapi, saya merasakan hal lain. Cukup menganggu saya dengan kualitas gambar yang hasilnya kurang jernih. Tapi, saya akan mencoba untuk mempelajari keindahan adegan-adegan yang ditangkap dengan kamera tersebut. 

Another well-acted cast on movies. Tom Hanks always did a good job.
Akhir-akhir ini, sepertinya saya sedang menyaksikan parade akting dari aktor-aktor sebuah film yang bermain dengan bagus. Daniel Bruhl di film Rush, Hugh Jackman di film Prisoners. Maka, kali kali ini giliran Tom Hanks yang juga menjadi salah satu aktor-aktor yang sedang bermain sangat prima di filmnya. Tapi, tidak ada yang meragukan performa dari Tom Hanks memang. Dia sudah pernah mendapatkan trophy best Actor di Academy Awards.

Tom Hanks memang menjadi highlight utama dari film ini. Namanya yang di tulis standalone di posternya seperti memberitahu kepada calon penonton bahwa jualan utama Captain Phillips adalah Tom Hanks. Tom Hanks memang memiliki screening time banyak. Bahkan hampir seluruh durasi ada pada dirinya yang memang menceritakan dirinya sebagai Richard Phillips. Dengan sesekali di selipi adegan bersama Barkhad Abdi sebagai Muse, sang kepala perompak. Dia mampu memerankan sosok Richard Phillips yang sangat berwibawa. Yap, Tom Hanks’s act-ability never get older. Tom Hanks tak pernah mengecewakan saya di dalam setiap filmnya. Dia selalu bisa menguasai layar. 


Tom Hanks bermain sangat bagus di film ini meskipun tak sebagus dirinya di film The Forrest Gump. Tapi, disini dia mampu memainkan mimiknya dengan baik. Adegan favorit saya ketika dia sedang di evakuasi, dia bermain dengan optimal sehingga menimbulkan suasana haru yang sangat kuat. Hampir saya meneteskan air mata saat menyaksikan adegan itu. Tom Hanks mampu mengintepretasikan keketiran di wajahnya dengan sangat bagus.

Maka, tak salah jika Captain Phillips berada di top list saya menyusul Gravity, Prisoners serta Rush. Karena Captain Phillips membuat saya merasakan experience yang bagus ketika menonton sebuah film di dalam bioskop. Rasa deg-degan dan gusar yang saya rasakan ketika menonton film ini. Permainan tensi yang sangat bagus sekali oleh Greengrass dan berhasil menurut saya. 


Overall, Captain Phillips bukanlah sebuah biopik kaliber oscar tapi bukan berarti tidak memiliki cerita yang bagus. Sebuah film yang rasa breathtaking dan thrilling yang sangat intense ini mampu membuat kita gusar di dalam studio dan ikut merasakan apa yang terjadi. Tom Hanks always give a great performance. His act-ability never get older. Well, one of my top list movie. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar