Kamis, 29 Oktober 2020

HUMANS (2020) REVIEW: Saat Robot dan Manusia Harus Hidup Bersama


Hidup berdampingan dengan robot? Gimana rasanya, ya?

Bisa jadi hal yang sangat membantu sih. Tapi, kalo misal ternyata robot ini punya kesalahan teknis, wah bisa bikin masalah juga. Kisah tentang manusia dan robot ini yang berusaha hadir di sebuah serial berjudul Humans. Kemarin nemu serial ini di Mola TV karena habis aja langganan selama sebulan yang harganya murah banget; cuma Rp12.500.

Tertarik serial ini karena ada Gemma Chan yang pernah main di beberapa film Marvel dan juga Crazy Rich Asians. Humans adalah serial yang terdiri dari 8 episode di dalam season pertamanya dan dirilis di UK di tahun 2015. Semakin menarik karena ingin tahu gimana sih awal-awal karir dari Gemma Chan. Selain itu, series ini juga dibintangi oleh Lucy Carless dan Katherine Parkinson.


Selain itu, serial ini juga punya premis yang menarik terutama bagi para penggemar genre science fiction. Tak hanya menilik tentang bagaimana robot ini bisa terbentuk dan akhirnya membantu kehidupan manusia. Tetapi juga menilik jauh lebih dalam tentang interaksi antara manusia dan robot ini sendiri. Menanyakan tentang eksistensi manusia di bumi yang bisa saja digantikan oleh robot yang sudah memiliki fungsi yang sama. Serta, serial ini juga menilik lagi persona sebuah robot yang ternyata bisa berbeda dari biasanya.



Episode pertama dibuka dengan sebuah keluarga yang sedang merasa kesusahan untuk mengurusi setiap anggota keluarganya. Mereka adalah keluarga Hawkins. Laura (Katherine Parkinson) dan Joe (Tom Goodman-Hill), sebagai orang tua yang sama-sama sibuk tak bisa secara penuh memperhatikan anak-anaknya. Joe akhirnya memutuskan untuk mengangkat seorang sintetik atau android bernama Anita (Gemma Chan). Robot ini menjadi pengawas dan penjaga ketiga anaknya. 


Tetapi, Laura merasa keberadaannya sebagai seorang Ibu serasa digantikan. Karena sang anak bungsu dari Laura lebih senang bila Anita berada di sisinya. Tetapi, ada hal lain yang bikin mereka curiga dengan android yang dia bawa pulang ini. Ada sesuatu yang kelam yang berusaha disembunyikan oleh Anita dan beberapa android lain yang teridentifikasi berbeda.



Gak cuma mereka, tapi ada kisah-kisah lainnya juga.


Selain fokus ke keluarga Hawkins, di serial ini juga punya karakter lain yang membuat konfliknya jadi lebih kaya. Bukan hanya menyoroti satu konflik dengan scoop kecil, tapi juga memberikan menyoroti konflik lain dari karakter yang berbeda, namun juga memiliki problematika yang serupa. Mungkin karena serial ini punya banyak ruang untuk dieksplor. Di setiap episode-nya, serial ini punya intrik yang semakin lama semakin menarik untuk diikuti.


Membuat penontonnya penasaran, seperti apa nasib para karakternya. Trauma apa yang dialami oleh setiap karakternya. Sebuah kekacauan apa yang terjadi ketika android dan manusia hidup berdampingan satu sama lain. Menggantikan pekerjaan yang biasa dilakukan manusia tetapi di sisi lain manusia lah yang menciptakan sang android itu sendiri.


Dari kisah di mana android lain yang ternyata dianggap “berbeda” ini melakukan sebuah tindakan yang ternyata di luar ekspektasi orang yang membuatnya. Bagaimana akhirnya keluarga Hawkins menerima Anita sebagai seseorang yang penting di keluarga mereka. Belum lagi karakter lain yang berbeda-beda awalnya, tapi semakin lama mereka memiliki satu benang merah yang membuat setiap ceritanya ternyata terkoneksi satu sama lain.



Kisah-kisah setiap karakternya yang menarik inilah yang membuat Humans sangat enak untuk diikuti di setiap episode-nya. Meski dengan premis yang cukup berat, tapi dikemas dengan cara yang ringan. Sehingga, film ini lebih menyoroti slice of life dari setiap karakternya. Bukan tentang percobaan ilmiah dengan teori-teori berat yang membuat pusing kepala.


Sehingga, penonton yang belum tentu familiar dengan tema-tema fiksi ilmiah seperti ini pun bisa dengan mudah menikmati setiap ceritanya. Dengan durasi episode yang cuma 45 menit, akan dengan sangat mudah buat menyelesaikan musim pertama dari Humans. Gak bakalan kerasa, tiba-tiba sudah berada di penghujung musimnya. Nah, kalo kamu mau nonton Humans, langsung aja ke Mola TV atau klik link di sini

1 komentar: